1

Novel Ini Berujung Menjadi Sebuah Film – Kebanyakan di dunia perfilm-an mengangkat sebuah cerita dari sebuah novel yang sudah di rilis oleh seseorang. Maka tidak jarang jika kita menemukan film yang alur cerita bahkan judulnya sama seperti novel yang sudah pernah kita baca sebeleumnya. Sebuah novel yang bagus akan menjadi sebuah apresiasi khusus jika benar-benar banyak peminatnya. Alasan banyak orang yang tertarik menonton film yang sudah pernah di angkat dari sebuah novel adlaah karena adanya suasana yang sudah terbangun yang membuat imajinasi terasa lebih nyaman dan nyata. Berikut kita akan membahas film-film yang di angkat dari novel-novel ternama dan terbaik sepanjang masa.

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) merupakan film garapan Visinema Pictures yang diadaptasi dari buku ke-3 karya Marchella FP.

Hebatnya, film NKCTHI berhasil meraih box office dengan jumlah penonton mencapai satu juta dalam sepekan penayangan.

Karena itu, NKCTHI termasuk salah satu film inspiratif terbaik di awal tahun 2020 yang nyaris sempurna.

NKCTHI mengisahkan tiga orang kakak beradik, bernama Angkasa, Aurora, dan Awan. Kehidupan mereka terlihat begitu bahagia.

Semula, kehidupan keluarga mereka terlihat sangat harmonis. Namun sebenarnya, masing-masing dari mereka menyembunyikan kesedihan sendiri.

Awan sebagai anak terakhir (bungsu) kerap mendapat perhatian lebih dalam keluarga. Sementara, Angkasa yang paling tua harus memikul beban berat.

Di sisi lain, Auroro si anak tengah seperti tak pernah terlihat di mata keluarga. Ia bahkan menyimpan semua masalah sendiri.

Setelah mengalami kegagalan besar pertamanya, Awan berkenalan dengan Kale, seorang cowok eksentrik.

Bersama Kale, Awan belajar banyak hal tentang patah, bangun, jatuh, tumbuh, hilang, dan semua ketakutan manusia.

Perlahan, sikap Awan pun berubah seiring tekanan dari orang tua. Hal itu mendorong pemberontakan ketiga kakak beradik ini.

Hingga akhirnya, terungkaplah rahasia dan trauma (luka) besar dalam keluarga mereka yang sebenarnya.

2. Imperfect (2020)

Secara garis besar, film Imperfect adaptasi buku karya Meira Anastasia dengan judul sama, banyak mengangkat isu tentang body shaming.

Berkisah tentang Rara (oleh Jessica Mila) yang memiliki tubuh gemuk dan tidak proporsional untuk ukuran wanita seusianya.

Awalnya, Rara tak peduli dengan perkataan orang. Apalagi, ia sudah punya kekasih baik hati bernama Dika (Reza Rahadian).

Baca Juga : 10 Penulis legendaris dunia ini karyanya abadi

Dika menerima Rara apa adanya. Bagi Dika, Rara adalah wanita sempurna, berhati baik, dan sangat mengerti dirinya sebagai pria biasa.

Namun, kondisi berubah saat Rara diminta oleh bosnya (Dion Wiyoko) untuk memperbaiki penampilan.

Semua itu akan sangat berpengaruh dengan karier Rara yang dipercaya menduduki posisi manajer.
Rara melihat tawaran tersebut sebagai kesempatan besar.

Ia pun mulai diet ketat untuk mendapatkan body kurus dan cantik. Namun, semua itu ternyata membuat Rara kehilangan orang-orang yang dicintainya.

Lewat film Imperfect, kamu akan belajar mencintai ketidaksempurnaan pada diri dan melihatnya sebagai kelebihan.

3. Antologi Rasa (2019)

Berikutnya, ada film laris manis adaptasi novel Ika Natassa berjudul ‘Antologi Rasa’. Bercerita tentang persahabatan empat orang.

Siapa sangka, persahabatan mereka itu justru membawa mereka pada konflik percintaan yang rumit.

Film Antologi Rasa disutradarai oleh Rizal Matovani dan dibintangi oleh Herjunot Ali, Carissa Perusset, Refal Hady, Atikah Suhaime, dan Angel Pieters.

4. Bumi Manusia (2019)

Kali ini, ada film garapan sutradara Hanung Bramantyo berjudul ‘Bumi Manusia’. Film ini merupakan adaptasi novel best seller karya penulis legendaris Indonesia, Pramoedya Ananta Toer.

Seperti bukunya, alur cerita dalam film Bumi Manusia dikemas tidak biasa. Berlatar abad-20, diceritakan ada dua insan yang jatuh cinta di tengah konflik pertempuran tanah kolonial.

Inilah kisah Minke dan Annelies. Cinta yang hadir di hati Minke untuk Annelies membuatnya mengalami pergulatan batin tak berkesudahan.

Dia (Minke) seorang pemuda pribumi, Jawa totok. Sementara Annelies, gadis Indo Belanda anak seorang Nyai.

Bapak Minke yang baru saja diangkat menjadi Bupati tidak pernah setuju Minke dekat dengan keluarga Nyai.

Alasannya, karena posisi Nyai di masa itu dianggap sama rendah dengan binatang peliharaan.

Dengan beragam konflik yang disuguhkan, film berdurasi 3 jam ini dijamin akan membuat emosi penonton campur aduk.

Bumi Manusia dirilis pada 15 Agustus 2019 dan dibintangi sejumlah aktor dan aktris kenamaan, seperti Iqbaal Ramadhan, Jerome Kurnia, Ine Febriyanti, dan Ayu Laksmi.

5. Dilan 1990 (2018)

Buat para pecinta novel, pasti pernah membaca novel terkenal karya Pidi Baiq berjudul ‘Dilan 1990’.

Karena antusias pembaca begitu besar, novel romantis ini pun diangkat menjadi film layar lebar tahun 2018.

Bercerita tentang kisah cinta dua remaja SMA di Bandung. Mereka adalah Milea (Vanesha Prescilla) dan Dilan (Iqbaal Ramadhan).

Itu adalah tahun 1990, saat Milea pindah dari Jakarta ke Bandung. Perkenalan yang tidak biasa kemudian membawa Milea mulai mengenal keunikan Dilan lebih jauh.

Dilan adalah sosok pintar, baik hati dan romantis. Cara Dilan mendekati Milea pun tidak sama dengan anak laki-laki lainnya, bahkan Beni -pacar Milea di Jakarta-.

Bahkan cara berbicara Dilan yang terdengar kaku, lambat laun justru membuat Milea kerap merindukannya jika sehari saja ia tak mendengar suara itu.

Perjalanan hubungan mereka tak selalu mulus. Mulai dari kehadiran Beni, gank motor, tawuran, Anhar, Kang Adi, semua mewarnai perjalanan itu.

Dilan dengan caranya sendiri selalu bisa membuat Milea percaya ia bisa tiba di tujuan dengan selamat. Tujuan dari perjalanan ini. Perjalanan mereka berdua.

Katanya, dunia SMA adalah dunia paling indah. Dunia Milea dan Dilan satu tingkat lebih indah daripada itu.

By admin